Monday, August 12, 2013

Neraca Massa

Desain suatu proses dimulai dengan pengembangan dari diagram alir proses. Untuk pengembangan diagram alir proses , perhitungan neraca massa sangat dibutuhkan. Neraca massa ini mengikuti hukum kekekalan massa, bahwa massa sebenarnya tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan begitu saja, artinya total massa tidak akan merubah selama proses.

Strategi analisis neraca massa yaitu:
1. Bagaimana persamaannya
2. Bagaiamana menyelesaikannya.
Untuk beberapa tipe problem metode pendekatan relatif lebih mudah, tetapi untuk problem yang lainnya mungkin menjadi leih sulit.
Pada analisis neraca massa pertama-tama kita harus menentukan berapa banyak persamaan neraca massa yang bisa di tulis, apakah melibatkan reaksi kimia atau tidak, dan buat batasan sistem neraca massa tersebut. Jumlah persamaan tak bebas dengan jumlah variabel yang tidak diketahui harus sama.

Neraca Massa tanpa reaksi kimia
Ada 3 cara yang umum digunakan dalam menyelesaikan masalah neraca massa tanpa reaksi kimia, yaitu:
1. Tie material
2. Inert
3. Persamaan simultan
Contoh Neraca massa tanpa reaksi kimia:
drying, mixing, kristalisasi.

Neraca Massa dengan reaksi kimia
Dalam reaktor industri, hampir tidak pernah menggunakan bahan yang stokiometris. Untuk mencapai reaksi yang sesuai dengan yang diinginkan biasanya menggunakan bahan atau pereaksi berlebih.

2 comments:

  1. Free Citizen Titanium Dive Watch and Gaming
    The latest version of our flagship project is the Citizen Infinity, the premium 3D is titanium lighter than aluminum gaming product micro touch titanium trimmer with a twist. Designed for a gaming setup titanium teeth k9 that can titanium gr 5 be $22.00 · ‎Out trekz titanium pairing of stock

    ReplyDelete